Minggu, 07 Februari 2010

Kuliah 4: Konstelasi Politik Era Orde Lama

Salam,
Sebelumnya saya mohon maaf apabila tidak bisa melayani seluruh pertanyaan yg disampaikan sebab dalam beberapa hari belakangan ini agak disibukan dengan berbagai kegiatan.
Pertemuan keempat akan membahas mengenai konstelasi politik semasa Orde Lama. Kajian kali ini akan mencoba mengurai berbagai fenomena politik yang terjadi pada masa pemerintahan Soekarno tersebut. Ada berbagai hal yang tentunya menarik seperti masa mempertahankan kemerdekaan yaitu saat bangsa ini dihadapkan dengan upaya-upaya untuk mengembalikan kolonialisme Belanda di Indonesia serta menggejalanya upaya-upaya separatisme di berbagai wilayah. Selanjutnya kita juga akan membahas bagaimana fenomena jatuh bangunnya Kabinet di era demokrasi parlementer. dilanjutkan dengan pemerintahan diktator di masa demokrasi terpimpin serta berakhirnya masa kekuasaan Soekarno yang merupakan tanda keruntuhan Orde Lama.
Terima Kasih

113 komentar:

  1. Chakra Pratama (2009330043)

    Pak, saya ingin bertanya, apakah pada perkuliahan ini kita akan membahas tentang peristiwa G30s PKi dan surat perintah 11 maret (yang katanya surat itu tidak di temukan sampai sekarang)
    trims

    BalasHapus
  2. Avezia Gabby (2009330044)

    Pak, saya sendiri tertarik dengan perpolitikan Indonesia pada era Soekarno, apakah nanti kita membahas tentang mengapa terjadi banyak sekali perubahan model parlemen/MPR dan lainnya pada era tersebut? Dan juga apakah kita membahas (seperti Chakra bilang) G30S PKI?

    BalasHapus
  3. abraham kristi pambudi (2009330068)

    pak, kalau menurut saya selama masa pemerintahan soekarno, seluruh warga indonesia lebih mudah untuk di atur. meskipun sistem perpolitikan di masa nya belom berjalan dengan baik. namun kepercayaan masyarakat indonesia mulai menghilang sedikit demi sedikit pada saat pemerintahan soeharto. rakyat semakin tidak percaya dengan sistem pemerintahan di indonesia. dapat kah indonesia kembali mendapat kan kepercayaan dari warga nya kembali seperti saat pemerintahan soekarno?

    BalasHapus
  4. Maria Deasyana (2009330183)

    Pak, saya mau bertanya, Pada saat penggulingan soekarno, soeharto mendapat kekuasaan penuh melalui surat perintah 11 maret, trus mengapa kekuasaan itu tidak dapat kembali lagi ke tangan soeharto???

    BalasHapus
  5. Amanda Kuswandi (2006330015)

    mas,
    minta maaf sebelumnya, tapi,
    kuliah minggu ini aga membosankan,
    jadinya kayak dengerin guru sejarah saya jaman SMA..

    tapi saya sangat tertarik sama missing link peralihan kekuasaan antara soekarno dan soeharto,
    pertama saya denger cerita itu, saya sangat ga percaya,
    apa iya, di Indonesia terjadi missing link sampai segitu jauhnya,
    tapi cerita mas adalah cerita ketiga yang saya denger,
    dan semua cerita nya berbunyi sama,
    jadi saya percaya akan adanya 'sesuatu yang hilang' tersebut,
    haha..

    makasih, mas, segitu dulu aja komen saya :)
    Godspeed

    BalasHapus
  6. met sore pa.. saya billy (2009320004)semoga tidak bosan pa.. hehehehhe gene saya mau bertanya soal kuliah yang tadi sore bapa kasih.. tentang kepemimpinan soekarno, saya ingin menanyakan tentang wakil presiden pada saat itu, kemana m. hatta pada saat itu.. dan saya bingung ketika bukan M.hatta bukan sebagai wakil presiden apakah benar boleh dalam pemerintahan hanya ada presiden tapa wakilnya...??

    pertanyaan yang ke 2dari saya tentang pelajaran apa sih yang bisa kita petik atau kita pelajari yang positif dari pemerintahan Soekarno, karena dari tadi saya lihat tidak ada sesuatu yang positif yang bisa kita ambil pada saat dia berkuasa.. thx

    BalasHapus
  7. Anna Maria (2009320183)

    pa, soal kuliah hari ini saya setuju kalau saya berasa balik lagi ke zaman sma dulu pa.. ketemu sejarah lagi.. dan sepertinya memang bapa lebih menekankan ke kronologis peristiwa peralihan dari orde lama menuju ke orde baru ya..

    oia pa, saya mau tanya.. sebetulnya hal yang paling mendasar apa yang memicu timbulnya pemberontakan terjadi ketika harus berintegrasi sama NKRI?? kalau memang merugi, kerugian apa saja yang dapat ditimbulkan?
    itu aja sih pa.. terimakasih

    BalasHapus
  8. Diah Putri Astuti (2009330133)

    pak, saya seneng tema hari ini. Kesal rasanya meengetahui banyak konspirasi dan konflik dalam pemerintahan kita dari dulu sampai sekarang. Dan saya tertarik dengan cerita - cerita di balik sejarah perpolitikan kita.
    Seperti yang Sumarsono itu pak, fakta - fakta yang nggak banyak ditulis di buku sejarah.

    saya mau tau pak, yang saya dengar, KATANYA Soehar*o yang melakukan isu Dewan Jendral dan pembunuhan dewan jendral tersebut untuk merebut kekuasaan dan menuduh PKI sebagai dalangnya. Itu bener nggak pak??
    Apalagi dengan tidak ada bukti mengenai Supersemar, spertinya mendukung ketidakjujuran itu.

    That's all, makasih pak :)

    BalasHapus
  9. met malem pak. Saya Gennady(2009320063).
    pa,soal kuliah hr in saya jg setuju klu saya berasa balik k masa sma dulu...seperti pelajaran sejarah..memang nya pelajaran politik itu saling berkesinambungan dengan pelajaran sejarah tah pa?

    terus..saya belum jelas pak .knp waktu zaman era soeharto AD bisa berkonflik dengan angkatan laut??
    lalu apa tindakn soeharto menanggapi konflik tersebut?apakah soeharto diamsaja,atau mendukung konflik tersebut atau kah soeharto menanggapi konfik tersebut dengan serius??

    terus ap dampak negatif dan dampak positif ny konflik antara AD dgn AU tersebut dengan negara tercinta kita ini pak "BANGSA INDONESIA"??

    Terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
  10. okey . malam mas kriss .
    jangan bosen ia Liat koment saya.

    disini kayanya udah menjurus politik indonesia yang dahulu banget ya,mas kalu nerangin jangan monoton ya (masukan dikit.maaf ya mas :-))

    untuk materi ini kayanya masukan dari saya masukin juga pengaruh pada masa reformasi sampai sekarang dan bagaimana cara mengatasinya pada masa saat ini karena sifat-sifat kolonialisme belanda agak sedikit melekat pada zaman sekarang !

    makasih ia mas !:)

    BalasHapus
  11. Pagi mas ..
    Saya dicky (2009320053),saya ingin brtanya apakah supersemar itu benar2 ada atau tidak ??
    lalu ptnyaan saya yang ke-2 apakah waktu kejadia G30S Pki itu benar2 trjadi pada tgl 30 septembr ?
    Swaktu saya di SMA guru saya bercerita sebeanr'a itu terjadi pada tanggal 1okt ? apakah benar ?

    BalasHapus
  12. siang mas, saya made 2009330127...

    sama seperti kata Mas Kris bahwa kegagalan demokrasi parlementer disebabkan oleh penentangan dari Soekarno. hal ini terjadi karena koalisi kabinet Ali hanya dilakukan oleh tiga partai besar: masyumi, PNI, dan NU. Padahal, Soekarno menghendaki PKI termasuk dalam koalisi tersebut sesuai dengan konsepsi Presiden tahun 1957. Akhirnya, timbulah konflik. Partai-partai yang berkoalisi saling berbeda pendapat dan koalisi pun gagal. bahkan bung Hatta pun menentang konsepsi Presiden tersebut karena menganggap bahwa komunis hanyalah 'foreign-dominated' oleh Rusia dan tidak cocok diterapkan di Indonesia. Dari sini, saya masih kurang paham mengapa Soekarno sangat concern terhadap komunis yang membuat stabilitas pada masa itu terganggu. Bahkan Konstituante yang dibentuk olehnya pun terpaksa dibubarkan.

    itu saja Mas, terima kasih.....

    BalasHapus
  13. angga wibowo p (2009310002).
    kan dalam perkuliahah ke empat kan membahas salah satu keruntuhan presiden soekarno..apakah dalam hancurnya kepemimpinan soekarno..ada permainan politik yang sangat tidak bersih..???untuk menjatuhkan kepemimpinan soekarno...terus kenapa harus soeharto pada masa itu yang harus menggantikan soekarno???..

    makasih...

    BalasHapus
  14. mas, nama saya dimas bayu (2009330165)

    mas, saya ingin bertanya, pada saat perkuliahan hari rabu kmarin, ada perkataan dari mas kristian yang mengganjal, yaitu ketika mas bilang bahwa proses domokrasi tersehat adalah pada saat masa orde lama. yang menjadi pertanyaan saya adalah, bagaimana suatu masa dapat dikatakan sebagai masa demokrasi tersehat ketika soekarno, pemimpin pada masa itu, menjalankan pemerintahan dengan otoriter dan cenderung tidak memperbolehkan dibentuknya banyak partai (hanya partai tertentu yang dapat mengikuti pemilu).
    saya juga ingin bertanya, apakah gaya pemerintahan otoriter yang dijalankan soekarno pada masa itu (masa dimana masyrakat indonesia baru saja terlepas dari penjajah) dirasa pantas untuk dijalankan di masa orde lama? karena saya ingat ketika pak pius di kelas ilmu politik mengatakan bahwa pemerintahan otoriter dapat dilaksanakan ketika masyrakatnya belum memiliki kemampuan untuk "ikut serta dalam menjalankan negara".

    BalasHapus
  15. Selamat sore mas...
    Saya Yuanita (2009330046-I)
    Saya masih bingung mengenai peristiwa G30S... Penjelasan akan peristiwa tersebut masih simpang siur... Tak ada yang benar2 jelas. Saya masih bingung, apa pelakunya benar PKI atau mereka hanya korban? Selain itu, mengapa apabila presiden makin lama berkuasa, mereka makin menjadi seorang diktator? Padahal pada awalnya juga, Presiden Soekarno tujuannya baik, ingin membawa masyarakat Indonesia menuju kemakmuran dan kesejahteraan? Dan menurut Mas, politik negara kita sekarang menuju kemana? diktator, kepemimpinan atau apa?

    Maap Mas banyak bertanya, sebelumnya terima kasih Mas...

    BalasHapus
  16. Pagi mas.., saya Radit (2009330024?

    Kita seperti kembali ke pelajaran sejarah SMA yang membahas tentang orde lama, jadi sedikit banyak kita sudah tau tentang gambaran kebaikan dan kebobrokan orde lama itu sendiri mas.
    Menanggapi pertanyaan Dimas bayu di atas, demokrasi yang tersehat yang dimaksud mas Kristian adalah perwujudan demokrasi dalam pemilu 1955 yang merupakan pemilu yang paling demokratis.

    Yang menarik buat saya adalah gerakan separatis di dalam negeri sendiri, mereka menginginkan kemerdekaan atas daerahnya masing-masing, namun mengapa seakan-akan mereka mengidentifikasikan diri sebagai bagian dari gerakan Kartosuwiryo mas?
    terima kasih

    BalasHapus
  17. Selamat siang Mas,
    saya Diva Domela (2009320078)

    saya tertarik sekali dengan persoalan g30s, apakah g30s murni merupakan perbuatan PKI atau ada konspirasi dari pihak lainnya? sepengetahuan saya ada beberapa pihak yang membahas adanya keterlibatan CIA.

    saya juga ingin mengetahui bagaimana penindaklanjutan terhadap permasalahan ini pada masa orde baru?

    terima kasih.

    BalasHapus
  18. devi natasia handriarti 2009330023

    mas, pd kuliah kmaren itu mas menjelaskan tentang masa kepemimpinan soekarno pada waktu itu yang buruk dan otoriter..
    tapi kenapa yah kok masyarakat lebih senang dipimpin sama soekarno daripada sama soeharto ? bukankah soeharto jg merupakan sosok yang otoriter ?
    seharusnya mereka juga bisa senang dunx dipimpin sama soeharto, apalagi pada masa itu ekonomi indonesia semakin membaik..

    terima kasih

    BalasHapus
  19. selamat malam mas kris..
    saya dhritya (2009310006)

    mengenai kuliah ke 4 politik indonesia saya ingin bertanya

    apa dampak pemerintahan yang diktator pada masa orde lama?
    mengapa sistem pemerintahan terus berganti dari tahun 1945 sampai menjelang orde baru?
    apakah sistem pemerintahan yang terus berganti seperti itu dapat menguntungkan negara?

    terima kasih..

    BalasHapus
  20. selamat pagi pak..
    saya indah larasati (2007320101)

    dari catatan yang saya baca:
    " demokrasi terpimpin adalah demokrasi yang berdasarkan kekeluargaan tanpa anarkisme. mendasarkan kekuasaan pada musyawarah mufakat dgn pemimpin yg mengayomi ". dari pernyataan tersebut bukankah berarti segala putusan ataupun aturan di hasilkan dr pikiran bersama. akan tetapi kenapa malah pada masa Demokrasi terpimpin ini muncul pemerintahan diktator (sentralisasi)? spt pengangkatan Soekarno sebagai presiden seumur hidup. apakah sebenarnya faktor pemicu dari penyimpangan konsep yg tsb?
    terimakasih.

    BalasHapus
  21. malam pak ...
    saya renny ferdilla (2009320150)

    kalau menurut saya demokrasi adalah bentuk negara yang sulit yang pernah berpatisipasi dalam pemilihan anggota parlemen federal atau parlemen negara bagian yang betapa rumitnya demokrasi. konon, suara kedua lebih pentingdari suara pertama.
    menurut buku yang saya pernah baca ada pula yang disebut dengan uberhang dan ausgleichsmandat ( mandat tambahan dan mandat penyeimbang)

    selain itu, bagi partai penting sekali untuk melewati klausul 5% demi kelangsungan hidup mereka .ada pandangan yang berangkat dari idealisme penentuan nasib sendiri secara tak terbatas , dan sejalan dengan itu terbentuknya pemerintahan sendiri oleh rakyat.

    pandangan ini menyebabkan munculnya istilah demokrasi langsung dimana rakyat menentukan nasib sendiri dan karena itu tidak membutuhkan perwakilan. namun, demokrasi dalam bentuk murni langsung ini tidak ada .
    karena setiap organisasi juga sebuah negara hanya dapat berfungsi jika memiliki pemimpin. karena itu rakyat bisa berkuasa jika ada pimpinan. apabila pimpinan itu tidak ada dan semua merasa berwenang untuk semua hal, mungkin pada akhirnya tidak ada lagi orang yang bertanggung jawab .

    sekian comment dari saya
    mohon koreksi nya

    BalasHapus
  22. Selamat malam Mas Kris,Saya ingin bertanya,menurut Mas Kris,apa yang menjadi faktor utama yang mendorong terjadinya gerakan-gerakan separatisme di Indonesia tempo dulu?
    Apa mungkin harus kita relakan atau disayangkan atas adanya pemisahan yang dilakukan?
    Sekian pertanyaan saya kali ini.(2009330038)

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. mas saya mau bertanya,, apa yang menyebabkan Sukarno begitu anti dengan Barat sehingga ia lebih memilih untuk dekat dengan PKI?? apa saja yang menjadi pertimbangannya baik dari segi domestik maupun internasional? thx.

    BalasHapus
  25. malam pak..
    saya dinny tri wiranti (2009320099)
    saya tertarik dengan perkuliahan bapak siang tadi,dimana bapak juga meyakini bahwa soeharto merupakan anggota PKI,dimana saya juga meyakini hal itu pak.
    mungkin saya bukan satu - satunya rakyat indonesia yang tidak menyukai soeharto dengan segala tindak - tanduknya yang dinilai keji.
    Menurut cerita yang pernah saya dengar,yang menjadi dalang G30S/PKI adalah Soeharto. Soeharto yang ingin melakukan kudeta ditentang oleh 6 pahlawan kita. Lalu Soeharto mengkambinghitamkan PKI, dengan cara menyewa pembunuh bayaran yang berseragam PKI. Pasukan bayaran yang menyiksa para jendral di Lubang buaya sengaja menyanyikan semacam lagu PKI, yang kalo ga salah namanya Genjer ato apalah itu. Dan sengaja diperlihatkan kepada saksi, sehingga PKI-lah yang kena getahnya.
    Lalu Soeharto ngambil nama dengan menumpas PKI.Soeharto lalu mendatangi istana Bogor. Pengawal sudah berusaha melindungi Soekarno untuk keluar dari istana, namun pintu gerbang sudah ada tentara Soeharto. Soekarno kembali ke istana, Soeharto-pun turun dari helikopternya. Soekarno menandatangani Supersemar dibawah todongan senjata.
    apakah benar yang saya dengar ini pak??
    Di tambah lagi dahulu soeharto sangat gusar saat buku PKI beredar yang memuat semua rahasia PKI,dia menyatakan bahwa itu buku terlarang,ya maling teriak maling lah..
    Dan juga yang saya dengar bahwa supersemar hilang ketika di fotokopi,benarkah itu pak??
    mengapa tidak masuk akal ya.
    demikian pertanyaan dan komentar dari saya,terima kasih pak..

    BalasHapus
  26. sangat fenomenal sekali perpolitikan Indonesia pada masa orde lama. Idealisme dan kekuasaan yang naik turun membuat kelabilan dalam pemerintahan. Seperti yang kita ketahui bahwa banyaknya versi dari setiap peristiwa, seperti : isu dewan jenderal, G 30S PKI, supersemar, dll. Saya bingung mas kalo soal orde lama karena dari beberapa buku yang saya baca dan tanggapan setiap orang berbeda-beda. apa ada rekomendasi buku yang lebih akurat,Mas?

    BalasHapus
  27. mas saya andy 2009310010

    saya ingin menyampaikan pendapat menurut diri saya pribadi. menurut saya pancasila gagal dalam demokrasi bukan dari landasan pancasila itu sendiri melainkan dari cara bagai mana melaksanakan pancasila itu sendiri, jika syarikat islam menjadi landasan indonesia maka indonesia bisa jadi tidak akan seperti sekarang melainkan akan banyak munculnya diskriminasi bagi kaum minorotas dan hanya mementingkan keperluan kaum mayoritas (Islam).
    bila dengan landaasn pancasila kaum minorotas dan mayoritas tidak akan dibeda-bedakan melainkan akan dipersatukan dalam demokrasi yang disembabkan oleh landasan pancasila yang berfungsi untuk jembatan antara kaumminorotas dan mayoritas.

    mas saya ingin bertanya tentang apa maksud dari nasionalisme dan demokrasi sosialisme??????

    makasih mah......

    BalasHapus
  28. Selamat siang mas Kris.
    Saya Zico Kurniawan (2009320121)

    Saya ingin menyampaikan sedikit pendapat saya mengenai pengaruh PKI di masa orde lama.
    PKI dan Soekarno memiliki hubungan yang cukup erat. Hal ini dikarenakan kebutuhan Soekarno akan dukungan dari PKI, karena kekuasaannya terancam oleh angkatan darat. Hal ini dikarenakan PKI memiliki massa yang cukup banyak, sehingga Soekarno membutuhkan dukungan dari PKI. Bukti bahwa PKI memiliki massa yang banyak, adalah kemampuan PKI untuk memenangi pemilu tahun 1957, yang pada pemilu sebelumnya dimenangkan masyumi dan PNI. Soekarno sendiri tidak dapat banyak berharap kepada PNI, karena ketergantungan PNI sendiri terhadap figur Soekarno.
    Sungguh sangat disayangkan, karena demi suatu tujuan, Soekarno mau "bekerjasama" dengan PKI, yang inngin menanamkan benih-benih komunis di tubuh Indonesia sendiri.
    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Siang mas .
    saya Jessica (2009330036)

    Mas saya masih bingung dengan nasakom .
    ko bisa ya soekarno mau ngebentuk nasakom ?
    pdhl tiga hal itu kan ga gampng disatuin dan brbeda satu sama lain.

    terus apa ada manfaatnya soekarno membentuk nasakom ?

    terima kasih mas .
    :)

    BalasHapus
  30. halo mas...
    saya kunto (2009310046)

    saya mw nnya,ckup simple saja...
    apa yg menyebabkan munculnya orde baru???
    dan apa yg mmbuat orde lama tersebut tidak dilanjutkan???

    trmakasih mas..

    BalasHapus
  31. halo mas..
    saya akrim(2009310066)

    saya mw nanaya, diatas mas bilang bahwa adanya upaya mengembalikan kolonialisme belanda di indonesia,kenapa bisa terjadi hal tersebut dan bisa mas berikan contoh realnya kayak apa???

    trimakasih..

    BalasHapus
  32. ruthyana 2009330122..

    jujur y mas..saya baru tau detail ttg isu dewan jenderal,hub soeharto dan kolonel untung,dll baru dr kul mas kemarin..
    ternyata permainan politik di indonesia sejak dulu sudah ada bahkan berani membunug hanya sekedar ubtuk nama baik.....

    namun saya masih penasaran mengenai supersemar daan bagaimana bisa seorang soekarno mau memberikan jabatan kepada soeharto tanpa alasan yg kongkrit???
    thx mas...

    BalasHapus
  33. Adrianus N.T. Sihombing
    2009330088

    Salam sejahtera,
    menurut yang saya pernah baca, Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit Presiden yang berisi tentang pembubaran konstituante adalah tidak sah dari segi yuridis konstitusional. Apalagi pada saat itu, undang-undang yang berlaku adalah UUDS 1950, yang salah satunya mengatakan bahwa Presiden tidak berwenang untuk "memberlakukan" atau "tidak memberlakukan" sebuah UUD.
    Hal ini dilakukan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah sistem dimana sistem ini diwarnai oleh berbagai paham politik yang ada serta disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang cepat berkembang. Sistem ini pula membuahkan sistem multi ideologi dan multi partai politik yang pada akhirnya melahirkan multi mayoritas, yang terus berlangsung hingga pecahnya pemberontakan DI/TII yang berhaluan theokratisme Islam fundamental dan kemudian Pemilu 1955 melahirkan empat partai besar yaitu PNI, NU, Masyumi dan PKI yang secara perlahan menyebabkan perubahan haluan politik ke politik mayoritas.
    Selain itu juga muncul konflik antara ideologi Pancasila dan ideologi Islam, sehingga mengakibatkan ketidakberesan kerja konstituante. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan presiden Soekarno mengeluarkan dekrit presiden 1959 dengan tujuan untuk menghalau terjadinya konflik ideologi dan kemabali pada UUD 1945.
    Jadi terlepas dari segala kontroversi yang ada, kita harus juga bisa membaca itikat baik yang dilakuakan presiden Soekarno untuk meniadakan konflik. Terima Kasih.

    BalasHapus
  34. selamat sore mas.
    saya ronald frenly munthe 2007330173.
    saya tertarik mengenai apa yg dibahas di kelas kemarin..
    dimana mas membuka diskusi ttg penerapan syarikat islam.
    diluar dari konteks itu, bisa ga mas dijelaskan gimana perjalanan politik parpol atau ormas islam selama ini?
    terima kasih.

    BalasHapus
  35. siang mas ..

    sy mau mengomentari sedikit mslh yg mas diskusikan di kls, mengenai sistem pemerintahan yg lbh baik indonesia jlnkan .. apkh agma atau pancasila ?
    menurut sy walaupun memang berdampak sangat baik dan sudah terbukti kemajunnya di negara lain penganut sistem pemerintahan agama , tetapi sebagai negara demokrasi kita lebih baik menganut sistem pemerintahan pancasila yang tidak akan terlihat hanya memihak pd satu golongan sj .. menurut sy pancasila sudah ckup baik untuk dijadikan sbuah patokan di indonesia ,, hnya btuh kesadaran dan wktu untuk melihat perkembangannya .. Dan hal ini juga bisa mencegah disintegrasi yang ckup mengancam bagi negara kita yg isi'y beragam ,, bhineka tunggal ika ..
    Terima kasih


    Marsella Fauziah 2009320109

    BalasHapus
  36. mas,ini berryl permata sari (2009 330 118)
    saya mau bertanya mengenai munculnya Pemuda Pancasila, SC, dan organisasi yapto centre lainnya. syp yg memprakarsai? apa dasar organisasi ini dibentuk? dan sejak kapan? serta apa aktifitas mereka sehingga saya pernah mendenganr bahwa mereka adalah tangan anan soeharto?

    BalasHapus
  37. sore mas, saya eunike gloria (2009330007) dari kelas G..
    saya ingin memberikan komentar mengenai politik orde lama di Indonesia..
    pertama mengenai dasar negara yang menjadi perdebatan apakah syariah Islam atau Pancasila yang akan digunakan.. Menurut saya, apapun dasar negaranya, semua itu kembali lagi ke bagaimana cara menerapkan dan melaksanakan dasar negara itu ke dalam kehidupan politik para penyelanggara negara.. Apabila menggunakan Syariah Islam, para lembaga formal kesulitan dalam menerapkannya, maka percuma saja dasar tersebut digunakan begitu juga Pancasila.. Namun para founding fathers pasti memiliki pertimbangan yang rasional mengenai Pancasila, sehingga Pancasila lah yang digunakan sebagai dasar negara..
    Yang kedua, Soekarno sebagai pemimpin Indonesia pada saat itu memiliki karisma yang sangat luar biasa pengaruhnya. Namun pada akhirnya beliau merasa takut akan perpindahan kekuasaan yang akan terjadi. Secara tidak langsung hal ini menyatakan bahwa beliau sebenarnya belum ingin melaksanakan suksesi pemerintahan secara keseluruhan. Pemerintahannya dari tahun 1945-1968 membuat beliau masih ingin memimpin tanpa adanya kaderisasi aktor politik lainnya, sehingga pada akhirnya perpindahan kekuasaan tidak terjadi dengan sehat..
    terima kasih

    BalasHapus
  38. selamat malam mas.'
    maaf baru comment sekarang.
    saya kian 2009320052.
    mengenai keruntuhan orde lama ini, saya masih belum mengerti saat pergantian kekuasaan dari orde lama ke orde baru, bagaimana proses pergantian tersebut ? apakah secara lugas di beritakan di surat kabar, radio,dsb. atau secara tiba - tiba saja pergantian presiden dilakukan ?
    karena pada tahun 1967 suharto sudah menjadi presiden menggantikan sukarno.
    terima kasih mas.

    BalasHapus
  39. Malam Pa, sy Danti Nurdianti (2009320070)

    Menurut saya politik pada masa orde lama itu dikenal sebagai memberi identitas kebanggan nasional, dan mempersatukan bangsa kita. Namun orde lama juga memberikan peluang kemungkinan kaburnya identitas tersebut, contohnya dengan adanya pemberontakan PKI, dan demokrasi terpimpin.

    Sekian komen saya, mohon koreksinya.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  40. Mas , kembali saya kristi birowo (2009330027) yang kuno ingin memberi komentar...
    Saya ingin memakai Soekarno sebagai acuan. Ketika Orde Lama, Soekarno adalah salah satu aktor utama yang bertahan dari awal hingga akhir era ini. Soekarno yang juga sebagai salah satufounding fathers memiliki peran yang sangat besar dalam masa awal Republik Indonesia. Soekarno membawa Indonesia sebagai negara yang ditakuti di dunia pada masanya. Negara pertama yang merdeka di wilayah Indo-Cina dan Malaka bahkan Asia dan Afrika. Membawa Indonesia sebagai salah satu pemimpin penegah blok barat dan timur. Soekarno pun sekokoh gunung, ia tidak jatuh meski pemerintahannya berulang kali diganggu oleh Belanda juga oleh puluhan pemberontakan . Soekarno juga adalah salah satu pemimpin yang berani memarahi Presiden Amerika karena tidak tepat waktu. Dalam diplomasi Soekarno pun selalu inovatif. Saat operasi pembebasan Papua dari Belanda, Soekarno meminta bantuan militer pada Soviet. Soekarno yang tidak ingin dicap sebagai perebut Irian di mata barat lalu memanas-manasi Amerika dengan kata-kata yang kira-kira demikian " Soviet saja mampu memberi saya senjata lalu apa yang dapat Amerika lakukan untuk Saya?" Saat itu juga Amerika langsung membuka jalan diplomasi yang menguntungkan Indonesia dan agak merugikan Belanda (sebagai blok barat). Hebatnya lagi, dengan gaya orasi berapi-api seraya mengacungkan telunjuk dan menggoyang-goyangkannya simpati rakyat berhasil direbutnya.
    Seperti pada manusia lain yang mengalami kejayaan berlanjut pada umumnya, Soekarno mengalami apa yang disebut sebagai penyakit kemenangan. Ia menjadi sangat sentralistik karena percaya bahwa dirinya-lah yang terbaik. Hal ini dapat dilihat dengan pembubaran bermacam-macam wadah demokrasi dan mengalihkantangan wadah-wadah itu justru dalam tangannya. Menurut saya, inilah awal di mana ia jatuh ( demokrasi terpimpin ). Minatnya pada kekuasaaan membawa dia pada pemerintahan semi diktaktor. Di samping itu kecondongannya pada komunis ( Maois ) membuat kenetralannya terganggu. Tidaklah baik apabila salah satu penggagas Non-blok justru dekat pada sosialisme dan mulai membenci Amerika ( sebagai blok barat ) .

    BalasHapus
  41. Nama : Nicole Andrea
    NPM : 2009330119

    saya sebenarnya kurang paham mengenai masa pemerintahan soekarno . yang saya sangat ingin tahu adalah apa saja jasa2 soekarno bagi indonesia ini...karena yang saya tahu tentang beliau hanyalah keberadaan dia sebagai tokoh yang penuh akan kharisma . selain itu saya kurang bisa menangkap apa saja jasa dari kepemimpinan dia yang real...

    BalasHapus
  42. halo lagi lagi mas =)
    saya Sandra Triastuti Effendy - 2009330015

    saya salut dengan segala komentar yang saya baca dari atas hingga bawah, sehingga tidak tahu harus berkomentar apa lagi..

    tetapi di sini saya sangat setuju dengan pendapat sahabat saya (dua di atas), Kristi Birowo.
    soekarno memang tokoh yang luar biasa, mulai dari pejuang kemerdekaan Indonesia, presiden I Republik Indonesia, hingga perannya di dunia nasional dan internasional yang menjadikan kita bangga.

    sebagai seorang manusia, ia mungkin telah merasa diri paling hebat sehingga menjadi seorang diktator pada masa itu. inilah yang menjadi awal kegagalan demokrasi terpimpin.
    soekarno adalah tokoh dunia yang luar biasa, tetapi belum mampu menjadikan kita bangsa luar biasa yang mencapai tujuan dan cita-cita setelah kemerdekaan.

    sekian dan yerima kasih.

    BalasHapus
  43. saya tanty novrita 2009330051,
    sebenarnya dulu saya tidak terlalu memperhatikan pemerintahan soekarno tapi jadi saya agak bingung apa yang akan saya komentari. tetapi saya penasaran dengan apa yang terjadi dengan soekarno pada masa pergantian PM di indonesia yang berlangsung cepat dan sering sekali, mengapa soekarno setuju system pemerintahan kita diubah ke demokrasi perlementer?

    terima kasih

    BalasHapus
  44. Jimmy A
    2009320105

    nampaknya ada satu hal yang menarik selama masa orla ini..
    dengan sistem politik yang otoriter dan cenderung diktatorial, nampkanya perekonomian Indonesia berada pada puncaknya.
    dan nyaris menuju negara maju.
    namun setelah rezim Soeharto runtuh, dan demokrasi mulai diterapkan secara penuh, nampak perekonomian indonesia tidak pernah sehebat pada masa orla.

    apakah negara ini masih belum siap dengan sistem demokrasi? dan masih harus diperintah secara otoriter untuk bisa memperoleh kemapanan ekonomi?

    BalasHapus
  45. mas saya riska (2006 330 173)

    Pada masa pemerintahan soekarno, pada kuliah dinyatakan muncul isu dewan jendral..saya masih kurang jelas tntang bgmna akhirnya muncul keinginana dr kubu militer untuk melakukan kudeta, bukankah militer sendiri sebelumnya dikatakan menjadi salah satu pendukung soekarno??

    BalasHapus
  46. mas , saya ingin tanya tentang Dewan Nasional yang dibentuk oleh Soekarno . Dewan nasional dibentuk dalam rangka menyikai kerja kurnag efektif PKI dalam kabinet. lalu apakah yang diperbuat dewan nasional untuk mengefektifkan kembali PKI ? dan kenapa pada masa itu Soekarno tetap mempertahankan PKI? walaupun sudah mendapat banyak kritik dari partai2 lain , bahkan sampai ke kalangan militer.

    BalasHapus
  47. mas, saya ryan (2009320018)

    saya cuma mau bertanya apakah di semua masa pemerintahan soekarno hanya menghasilkan kebijakan politk yang negatif? apa ada hal-hal yang positif?

    BalasHapus
  48. limia trifena (2009330192)

    menurut saya beberapa pandangan tentang soekarno lebih mementingkan politik mercusuar sedangkan masyarakatnya sedang kelaparan dan mengantri sembako kurang tepat dan seakan mensimpelkan keadaan sebenarnya saat itu. karena menurut saya bung karno tepat dalam pembangunan politik indonesia dahulu di bandingkan dengan pembangunan ekonomi.
    dan yang saya baca dari wawancara dengan pramoedya ananta toer menurut dia bung karno masa itu memiliki beban moril untuk membantu kemerdekaan negara2 afrika,asia dan amerika latin yang dijajah karena pencarian rempah2 oleh eropa kepada negara2 kulit berwarna, karena kekayaan alam rempah2 indonesia bangsa eropa menganggap tiap negara kulit berwarna memiliki rempah2. dan secara tak langsung indonesia memiliki tanggung jawab untuk membantu negara2 kulit berwarna untuk merdeka.
    dari kenyataan ini bung karno terlihat seperti lebih mementingkan politik mercusuarnya, padahal ia membangun pilar2 politik indonesia pasca kemerdekaan.dan kenyataan bahwa masa itu adalah masa perang tidak boleh kita lupakan,bahwa di negara lain juga menderita kelaparan, dan memang saat itu adalah masa kelaparan.

    dan pada tahun 1962-1965 bung karno baru akan memulai pembangunan ekonominya. namun hal itu tak terlaksana karena waktu yang diberikan kepadanya hanya 3 tahun. jadi menurut saya kurang begitu tepat saat menklaim bahwa bung karno seolah2 sombong dan menghamburkan uang rakyat.

    dan menurut saya juga memang kenyataannya bung karno tidak memiliki bakat dalam ekonomi.
    tpi kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi kalau saja ia diberikan waktu untuk membangun perekonomian indonesia.
    trima kasih

    BalasHapus
  49. jessica indah (2009330070/H)

    menurut saya mungkin saat-saat genting pada era demokrasi parlementer ini saat beban awal masa kepolitikan ini lebih menekankan kekuasaan yang diselenggarakan pada parlemen dan presiden hanya sebagai kepala negara saja dan perimbangan kekuasaan yang diperebutkan antara sukarno-PKI-AD. disini saya masih bingung berarti PKI hanya dijadikan topeng untuk menutupi 'kenakalan' suharto-kah?
    terimakasih

    BalasHapus
  50. Dhimas Sindu Aji (2009330040)

    saya mau bertanya mengapa pada pwemerintahan soekarno sering sekali terjadi perubahan kabinet???
    apakah situasi perekonomian indonesia pada saat itu sangat berpengaruh??

    BalasHapus
  51. chakra pratama 2009330043

    Dapat dikatakan pada masa pemerintahan soekarno, indonesia lebih cenderung berpihak ke arah komunisme negara-negara eropa timur. Menurut saya keberpihakan indonesia pada kruschev itu merupakan tindakan yang lebih bijak daripada berpihak pada liberalisme nya negara-negara barat. Saya berpendapat seperti ini karena bila Indonesia berpihak pada negara-negara blok barat maka kita hanya akan dijadikan negara "boneka" yang di permainkan oleh negara-negara liberal tersebut

    BalasHapus
  52. saya michelle (2009330163),
    saya ingin menanyakan bbrp hal,
    pada saat tahun 1950-an, apa hubungan NU dengan masyumi? kenapa saat masyumi pecah, NU ikut menarik diri?
    pada saat demokrasi liberal, kabinet banyak dibentuk, dan banyak juga diganti, sebenarnya, bagaimana reaksi masyarakat saat itu?
    terakhir, pernah disebutkan bahwa PBB gagal mengesahakan resolusi untuk menyelesaikan masalah Belanda-RI soal Irian Barat. yg menjadi pertanyaan saya, apa yg bisa membuat resolusi PBB gagal saat itu? apakah ada pengaruh dari pihak-pihak lain??
    terimakasih.

    BalasHapus
  53. Jennie Suhitono (2009320030)

    sy sndiri mrasa tertarik dgn materi orde lama,terutama ttg runtuhnya orde lama dan peristiwa G30S.sy ingin tau lbh jelas mengenai peristiwa G30S seperti isu dewan jenderal yg berkembang saat itu.pd penjelasan Mas di kelas,dewan jenderal itu adalah isu yg disebarkan oleh pihak entah siapa itu.mengapa isu dewan jenderal bgitu berpengaruh thd eksistensi soekarno saat itu?bs tolong dijelaskan lg?
    tQ~

    BalasHapus
  54. noverdyo (2009330207)

    era soekarno bisa dibilang sebagai era kebaikkan dan keterpurukan sejarah indonesia. Mengapa demikian ?
    Kebaikkan er soekarno, adalah nasionalisme-nya yng sangat kuat. Perjuangan sejak 1945 masih menjadi pedoman hidup bangsa muda ini. Dengan pedoman inilh, soekarno bisa menjadi pemimpin yang disegani. Pada masa periode 1950-1959, indonesia merasakan demokratisasi rakyat. Kebebasan bicara sangat dihargai. Bahkan investor asing mulai masuk karena liberalisasi perdagangan. Tetapi, memang dasarnya orang indonesia yang kedaerahan, demokrasi itu disalahgunakan.
    Banyak terjadi korpsi dikalangn pejabat, perbedaan ideologi, perebutan pengaruh dan kekuasaan tanpa memikirkan rakyat, budaya primordialisme lebih berkembang pada era ini. Oleh karena itu, munculah banyak pemberontakan daerah dimana-mana. Pemmerintah sibuk untuk mengurusi diri sendiri. Sikap seperti inilah yang mendorong soekaro mengambil langkah ekstrim, yaitu sistem otoriter 1959-1965 supaya para politikus itu sadar dan belajar dari pengalaman. Oleh karena itulah mengapa saya menulis lebih baik diperintah militer yang nasionalis daripada sipil yang bobrok.
    Demokrasi terpimpin mengalami masa jaya pada periode tahun 1960-1965 saat PKI menjadi partai yang kuat. NASAKOM menjadi ideologi negara. Tetapi, kelemahan nasakom adalah penggabungan antara 3 sistem yang tidak cocok satu sama lain, terutama komunis dgn agama. Penggabungan itu membuat sistem menjadi kacau. Ini mbkti ketidakmampuan soekarno dalam mempersatukan pemerintahannya. Sokarno boleh saja dibilang kuat, tetapi sebagai figur pemersatu, soekarno gagal menjalankannya

    BalasHapus
  55. ahmad surya (2009330214)

    mas, kalau menurut saya, di era soekarno itu sendiri bagus. tapi sejak masuk era soeharto, seperti terlihat jatuh. ntah karena apa. saya sendiri melihat di era soekarno sepertinya masyarakat percaya padanya, karena kepemimpinannya yang begitu mengagumkan, bisa membawa Indonesia menuju kemerdekaan di tahun 1945.
    sedangakan di zaman soeharto, dia seolah bertindak semena-mena, sehingga banyak masyarakat yang tidak setuju. alhasil, kepercayaan pada pemerintahan sedikit demi sedikit mulai hilang.
    apa kepemimpinan seperti soekarno dulu bisa kembali lagi?

    BalasHapus
  56. Virliane fitria melania 2009320117

    Menurut saya, pada masa pemerintahan orde lama, rakyat kita hanya bergantung akan sosok Soekarno yang berperan bagi perjalanan politik di masa ini.
    Seperti yang sudah bapak jelaskan, saya menjadi tahu tentang runtuhnya masa ini.
    Pada masa ini sebelumnya ditetapkan sistem demokrasi parlementer. Sistem ini tidak berjalan dengan baik dan berakhir karena perseteruan yg tidak kunjung habisnya antara Parpol Parlemen sedangkan di kabinet koalisi tidak pernah berjalan secara efektif.
    Kemudian sistem demokrasi diubah menjadi terpimpin. Pada sistem ini juga memberikan dampak buruk yang adanya sistem kepartaian dibatasi,pembatasan kebebasan berpendapat,juga sentralisasi kekuasaan di ibukota kembali terjadi.
    Maka dilihat dari kedua sistem tersebut, kepemimpinan Soekarno lebih mendominasi semuanya menjadi otoriter sehingga runtuhlah orde lama.
    Meskipun sistem-sistem demokrasi tersebut berjalan kurang baik hingga runtuh, tetapi sosok Soekarno sangatlah berjasa bagi negara kita akan segala perjuangannya demi kemerdekaan dan kemajuan negara kita.
    Demikian pendapat saya pak, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah, harap koreksinya. Terima kasih.

    BalasHapus
  57. steven wijaya (2009320041)

    masa masa awal kemerdekaan merupakan masa yang labil untuk berbagai hal.dalam bidang politik, tahun tahun pertama kemerdekaan merupakan masa peralihan ketika terbentuk pemerintahan Indonesia yang baru dan tekanan kekuatan dari luar, yaitu Belanda dan perpolitikan global pasca perang dunia kedua. pada masa awal kemerdekaan, indonesia masih mencari format baru sistem politik dan pemerintahannya sehingga indonesia bisa dibilang belum bisa mencari jati dirinya. kebijakan politik pada masa ini belum bisa lepas benar dari pengaruh Belanda. pada masa ini, Indonesia masih cenderung kompromistis meski telah dilakukan nya langkah radikal. contohnya dilakukannya Konfrensi Meja Bundar (KMB).
    oh iya,pemerintahan orde lama juga mewariskan keadaan ekonomi yang sangat parah dan utang luar negeri yang sangat besar. bahkan salah satu aktivis indonesia Soe Hok Gie pada masa itu menilai bahwa kepemimpinan Soekarno sudah tidak mampu membawa rakyat sejahtera secara ekonomi.
    maaf apabila pandangan saya ini kurang tepat,mohon dijelaskan lagi apabila pandangan saya ini kurang tepat.
    makasih mas.

    BalasHapus
  58. Astriana N.A 2009330155
    Mas Kris, banyak sekali versi berbeda yang saya dengar mengenai missing link yang terjadi pada pemerintahan soekarno-soeharto. saya dulu sempat berpikir bahwa sebaiknya indonesia kembali menggunakan demokrasi terpimpin seperti pada masa soekarno dan soeharto karana saya pikir Indonesia menjadi lebih 'disiplin'. kemudian setelah saya mendapat pelajaran semasa di sekolah, melalui buku mengenai pemerintahan soekarno, kemudian pelajaran di kampus, ternyata pada pemerintahan mereka masyarakat pun masih jauh dari sejahtera, malah orde lama yang membuat indonesia memiliki utang yang sangat besar pada luar negri. pada masa didirikannya puluhan partai masyarakat mulai kehilangan kepercayaannya terhadap para pemimpin negara yang dinilai keadaan politiknya tidak terkontrol. perbedaan ideologi mengacu pada gerakan separatisme masyarakat. penggunaan ideologi pancasila sebagai jalan keluar pun masih tidak sesuai dengan apa yang terkandung didalamnya. soekarno mengartikan pancasila sebagai nasakom, sedangkan suharto menggunakan pancasila sebagai alat untuk menguatkan kekuasaannya yang manipulatif.

    BalasHapus
  59. Dalam pemerintahan Soekarno ada tiga titik yang menjadi pendahulu sebelum kejatuhannya. Titik pertama adalah kegagalannya menangani masalah ekonomi yang ditenggarai karena aroganisme dan kegagalannya mengontrol kehidupan pribadi yang berpengaruh pada performa di pemerintahan. Titik kedua adalah perubahan halauannya pada paham sosialisme dan mengasingkan Indonesia dari dunia barat. Yang terakhir, kegagalan dia adalah mencegah menghentikan polar dalam pemerintahan yaitu PKI dan militer.
    Tiga titik itu lalu mengakhiri kekuasaan Soekarno dengan puncak G-30-S / PKI. Pada akhirnya, Soekarno harus lengser dan memberikan jalan bagi Soeharto untuk menjadi presiden melalui supersemar. Itulah gambaran kecil dari orde lama. Tentu saja saya hanya mengambil bagian menjelang keruntuhan orde lama karena hal itu adalah hal yang paling menarik di orde lama.
    Sebenarnya, keruntuhan orde lama tidak dimulai dengan suatu permasalahan yang kompleks. Ujung kegagalan sebenarnya ada pada sosok Soekarno yang arogan dan menurut cerita, gara-gara skandalnya tersangkut oleh Uni Soviyet, dia harus memaksakan sosialisme-komunis di Indonesia.
    Meski cerita tentang Uni Soviyet tak bisa dibuktikan. Namun kegagalan Soekarno dan sikapnya yang tak mencerminkan pemimpin yang baik dapat terlihat jelas. Menerapkan politik mercusuar di tengah negara yang mengalami krisis ekonomi, menarik Indonesia dari PBB dengan keputusan sepihak, menjauh dari barat dengan alasan membenci neo-imperialisme, mengganti-ganti terus sistem ekonomi serta politik Indonesia dan menggunakan ideologi ‘aneh’ yaitu nasakom menunjukan ketidak-mampuan dia.
    Pada akhirnya, era orde lama secara kasar dimulai, dijalankan dan digagalkan oleh sosok satu orang yaitu Soekarno. Kepercayaan yang terlalu berlebihan dan keawaman politik sebagian besar rakyat Indonesia saat itu ternyata menjadi bumerang bagi kita. Hal itu diperparah dengan kenyataan bahwa Indonesia mengalami hal serupa pada era orde baru.
    Kesimpulannya, kejadian pada era orde lama maupun orde lama memberikan kita pelajaran bahwa wawasan politik pada masyarakat umum itu penting untuk mencegah adanya pemerintahan yang diktator dan kegagalan sistem suatu negara.

    Ardiyanto ( 2009330195 )

    BalasHapus
  60. selamat malam.
    saya ingin menanyakan hal yang agak melenceng dari pembahasan, kalau agak kurang berbobot mohon dimaafkan ya mas.

    bicara tentang Orde Lama, kita pasti akan membicarakan Bung Karno. terlepas dari berbagai macam kontroversi, bagaimana pandangan mas terhadap Bung Karno sebagai individu?

    Adiarta Yuninda
    2009330131

    BalasHapus
  61. luqman pradityo
    2009330174

    selamat malam
    maaf mas, baru bisa menyampaikan komentar ke blog mas. saya hanya ingin berpendapat bahwa sewaktu masa kepemimpinan soekarno, kehidupan masyarakat Indonesia lebih sejahtera dan bahagia hal ini disebabkan oleh soekarno dapat memimpin negara ini dengan baik. pada zaman soeharto, kepercayaan masyarakat tentang politik berkurang karena beliau memerintah dengan semena-mena dan arogan, hal ini dapat terbukti dengan masa pemerintahan soeharto yang begitu lama. terima kasih.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Setelah membaca post" diatas, saya setuju dengan komentar dari beberapa teman saya bahwa Soekarno merupakan salah satu founding-fathers yang berperan sangat besar pada tingkat nasional maupun internasional meskipun pemerintahannya seringkali diganggu oleh Belanda, pada pengakuan kedaulatan yang diserahkan oleh Belanda, Soekarno resmi menjadi presiden RIS pada masa itu yang kemudian berubah lagi menjadi Republik Indonesia pada 17 Agustus 1950.
    Soekarno mengalami jatuh-bangunnya kabinet sehingga kurang mempercayai sistem multipartai.
    Soekarno juga aktif dalam kegiatan internasional seperti konferensi Asia-Afrika, awalnya Soekarno merasa prihatin terhadap negara" di asia-afrika yang masih belom merdeka dan mencap negara" barat yang mementingkan kolonialisme.
    titik awal berakhirnya masa Soekarno adalah semenjak pengunduran diri Hatta ada tahun 1956 ditambah sejumlah pemberontakan separatis di berbagai daerah dan diakhiri dengan peristiwa G30S PKI.
    Namun Soekarno telah berjasa besar terhadap Republik Indonesia hingga sekarang.
    Joshua Ferdika G (2009330222)

    BalasHapus
  64. Saya Yulia Nurliana 2009320008
    Soekarno dalam pandangan saya bagaikan permata yang lanka. Karisma ia yang begitu kuat membuat banyak orang mengagumi dan percaya kepadanya. Namun ketenarannya harus dihentikan dengan Keruntuhan Orde lama. Menurut saya dalam masa tersebut banyak sekali orang yang haus akan kekuasaan sehingga menggunakan berbagai cara (dengan jujur maupun curang)sehingga soekarno yang dalam keadaan lemah dan tertekan oleh banyak pihak hanya bisa membuat SUPERSEMAR yang sampai sekarang masih misteri.

    BalasHapus
  65. Erick Radiktya (2007330111)
    Malem mas..
    Pada masa ini saya berpendapat Presiden Soekarno masih sulit untuk menjalankan pucuk pemerintahan Indonesia karena sumber daya manusia yg masih minim krn kemerdekaan baru saja diraih. Pada era orde lama ini,Soekarno pun masih mencari-cari sistem pemerintahan yg tapat dapat kita lihat dengan berganti-gantinya sistem pemerintahan Indonseia kala itu. Sayang ketika Presiden Soekarno menyatakan akan menjadi presiden seumur hidup,terjadilah supersemar yg masih misterius. Sehingga apa yg dicita-citakan beliau hrs dilanjutkan oleh penerusnya yaitu Soeharto.

    Maaf Mas kalau baru comment skrg,saya baru pindah kelas setelah PRS..

    BalasHapus
  66. malam mas,
    saya Cynthia (2009320137)

    saya hanya ingin bertanya.
    apakah benar dalam masa-masa ini,
    kebijakan-kebijakan politik yang ada di Indonesia belum benar-benar lepas dari campur tangan Belanda?
    apakah dikarenakan sistem politik yang masih labil di Indonesia karena baru merdeka?

    terima kasih

    BalasHapus
  67. Gilang Kharisma (2009330194 Kelas I)

    Di awal-awal masa kemerdekaan tentu hal sulit bagi Soekarno untuk membentuk suatu pemerintahan yang kuat. Saat diberlakukan Demokrasi perlementer terbentuk suatu koalisi partai, namun koalisi partai tersebut belum kuat dan partai seringkali menarik dukungannya dari pemerintah sehingga kabinet yang dibentuk seringkali gagal.
    Kemudian Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden yang menurut saya merupakan langkah dari Soekarno dalam membentuk suatu pemerintahan yang kuat.
    Namun ada beberapa penyelewengan dari upaya Soekarno dalam membentuk pemerintahan yang kuat. Diantaranya adalah pengangkatan dirinya sebagai presiden seumur hidup. Kemudian pembubaran DPR yang dilakukan Soekarno pada tahun 1960, sehingga tidak ada kontrol terhadap penguasa.
    Lalu, kebijakan Soekarno yang dikenal sebagai politik mercusuar menyebabkan keadaan ekonomi dalam negeri bertambah parah. Dan akhirnya periode demokrasi terpimpin harus berakhir setelah G30S.

    BalasHapus
  68. Maria frances Shela (2009320002)

    Pak,apa benar pengangkatan presiden seumur hidup itu sebetulnya asli hanya ide Soekarno saja, apa ada dukungan dari pihak luar? seperti anggota TNI brigjen Suhardiman (yang diangkat menjadi penasehat seumur hidup Soekarno) yang katanya mendesak Soekarno untuk menjadi pres seumur hidup..
    thanks

    BalasHapus
  69. citra kartika dewi 2009310075

    mas, saya masih bingung dengan turunnya soekarno dari kursi kepresidenan. waktu saya SMA saya pernah baca handsout tentang soekarno dan ada berbagai argumentasi. ada yang bilang soekarno mundur karena ada campur tangan dari CIA. ada pula yang mengatakan soekarno mundur karena dianggap melakukan kudeta. jadi mana yang benar mas?
    sebelumnya maaf jika salah..

    BalasHapus
  70. 2009330096
    menurut saya G 30/S PKI adalah suatu gerakan dimana gerakan ini akan memecah semua keadaan di Indonesia yang sampai sekarang masih belum pasti siapa yang mendalanginya.

    BalasHapus
  71. Mas saya Aloysius Domenico Kevin, 2009330161

    Menurut saya tindakan Soekarno merubah pemerintahan menjadi demokrasi terpimpin cukuplah tepat, karena kondisi negara saat itu bisa dibilang carut marut akibat agresi militer oleh belanda dan pemberontakan di mana mana. Karena dengan adanya demokrasi terpimpin, pemerintahan cenderung lebih stabil dengan tidak adanya perombakan kabinet secara terus menerus sebelum kabinet itu dapat menuai buahnya. Tetapi kesalahan alm. Soekarno adalah ia tidak memperhatikan ekonomi sehingga inflasi terjadi sedemikian besarnya (mencapai 650% pada 1966) dan adanya konspirasi untuk menjatuhkan Soekarno lewat gerakan G 30 S.

    BalasHapus
  72. Oudy Immanuel Artz (2006320068) menurut saya sistem politik yang ada pada masa orde lama sudah cukup bagus.dmn pd saat itu presiden ir.soekarno berusaha untuk membangun suatu hub dengan negara lain dengan cara mengadakan KAA di bdg yang menghasilkan dasa sila,tetapi terjadi ketimpangan sehingga di adakan KAA kembali bersama dengan Presiden Josip Broz Tito (Yugoslavia), Gamal Abdel Nasser (Mesir), Mohammad Ali Jinnah (Pakistan), U Nu, (Birma) dan Jawaharlal Nehru (India) ia mengadakan Konferensi Asia Afrika yang membuahkan Gerakan Non Blok. sehingga bnyk negara di asia-afrika memperoleh kemerdekaan.
    Selain itu juga presiden ir.soekarno berusaha menjalankan menjalankan politik luar negeri yang bebas-aktif dalam dunia internasional,sehingga Presiden Soekarno mengunjungi berbagai negara dan bertemu dengan pemimpin-pemimpin negara. Di antaranya adalah Nikita Khruschev (Uni Soviet), John Fitzgerald Kennedy (Amerika Serikat), Fidel Castro (Kuba), Mao Tse Tung (RRC).
    Tetapi pada tahun 1956 terjadi perpecahan politik, akibat adanya pengunduran diri wapres Moh. Hatta dari kancah perpolitikan Indonesia. Ditambah dengan sejumlah pemberontakan separatis yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia, dan puncaknya, pemberontakan G 30 S

    BalasHapus
  73. selamat siang mas..
    saya etania sabrina 2009320023

    saya ingin bertanya apakah benar sebelum berakhirnya masa orde lama yg kemudian digantikan oleh orde baru,terdapat penyekapan oleh suharto terhadap sukarno?
    saya pernah mendengar hal ini sewaktu sma.. tp saya masih penasaran mengenai ini..
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  74. Pak,saya dewi(2009310005).menurut saya pak pemerintahan orde lama yang diperintah oleh sukarno itu lebih menitikberatkan pada masalah politik tanpa memperhatikan jalannya perkonomian itu sendiri dan juga ada hal yang semakin memperburuk keadaan negara dgn pergantian parlemen shg mbuat negara kita tidak stabil.Setelah itu masuk pada pemilihan umum yang sangat kental dengan nuansa kedaerahan dan agama dimana kelompok masyarakat terbagi atas golongan2.Hal ini yg mbuat pilihan setia golongan masyarakat berbeda-beda.Namun mnurut saya pada pada waktu itu golongan abangan sangat bergantung sekali dengan klompok priyayi shg apa yg menjadi pilihan klompok tsb dianggap pilihan yg terbaik.hal inilah yang menurut saya mesti dihilangkan dalam masyarakat kita agar kedepannya masyarakat dapat hidup tanpa bergantung dgn klompok elit.

    BalasHapus
  75. malam mas kristian..
    saya jon ricardo (2009320022)
    saya mau bertanya, kenapa Soekarno menghendaki PKI termasuk dalam koalisi?
    waktu itu saya kurang jelas dengan penjelasannya..
    thx.

    BalasHapus
  76. malam mas kris.
    saya mochamad riva imani (2009320141)

    saya ingin menanyakan bahwa presiden soekarno itu menganut paham komunis atau tidak?
    dan mengapa PKI itu di anak emaskan atau dilindungi oleh soekarno?
    mohon diberi argumen dari mas kris.

    terima kasih

    BalasHapus
  77. hallo pak saya osy mirani(2009320044)


    saya berkomentar sedikit
    memang pada perpindahan dari orde lama ke orde lama hingga sekarang masih misterius
    tapi perpindahan tersebut hanya membuat kondisi membaik sebentar saja.
    justru membuat situasi yg runyam tertutupin sementara

    memang tidak mungkin yaa ditemukan jawaban perpindahan orde tsb bagaimana terjadi dan apa yg terjadi sebenarnya
    makasih

    BalasHapus
  78. Denisa Meiviany (2009320091)

    Menurut saya jika d masa Soekarno itu sendiri bagus bahkan baik untuk pemerintahan dan rakyat itu sendiri tapi saat masa Soeharto justru terlihat jatuh atau bisa di bilang memburuk. Di masa Soekarno menjadi bahagia bahkan sejahtera di sebabkan adanya Soekarno bisa memipin Negara dengan baik, sedangkan di masa Soeharto menjadi lebih buruk di sebabkan masyarakat kurang percaya dengan politik karena Soeharto memimpin Negara dengan semena-mena atau seenaknya kepada pemerintahnya itu sendiri.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  79. Satrio Rama
    ( 2009330128 )

    Pemerintahan soekarno menurut saya memiliki kekurangan juga kelebihan yang sangat menarik untuk kita bahas. kelebihannya menurut saya adalah sangat tinggi nasionalisme bangsa indonesia pada saat itu dan rakyat indonesiapun semakin yakin dengan pemerintahnnya pada saat itu. Tetapi dari kelebihan itulah kekurangannya muncul Soekarno menutup semua bantuan luar negeri dan rakyatpun jatuh miskin, dan perekonomian memburuk. Tetapi untuk sekarang realitanya yang membuat indonesia bangkit sekarang dan yang bisa melindungi budaya indonesia sekarang justru nasionalisme yang soekarno bangun dulu yang semakin lama semakin pudar. Nasionalisme sangat dibutuhkan untuk zaman sekarang tetapi Nasionalisme yang berlebihan justru memberikan dampak yang buruk pula bagi bangsa ini.
    terima kasih

    BalasHapus
  80. Kevin Tiganna Tarigan - 2009330223

    Soekarno adalah sosok peminpin yang ideal.
    Kemampuan diplomasi yang baik, kharisma yang kuat, tegas dan independen. Ia mampu menggerakan massa, melawan otoritas, dan memperjuangkan aspirasinya. Hal itu bisa dilihat dari fakta-fakta sejarah yang pernah ada. Ia sering dicap sebagai komunis, namun jika dipikir seksama, kedekatannya dengan pihak komunis bukan berarti ia ingin mengubah ideologi bangsa, namun pada saat itu justru pihak komunis lah yang tanggap dan sigap membantu Indonesia, sebagai seorang pemimpin bangsa yang baru merdeka, akankah Ia menolaknya ? tentu saja tidak. Ia berani menentang Amerika yang lamban dalam pemberian bantuan.Kasus irian barat adalah contoh yang kuat. paham NASAKOM yang sangat khas soekarno sangat lah kontroversial. namun menurut saya NASAKOM adalah sebuah gambaran Indonesia yang mandiri, sistem komunis yang dianut bukanlah komunis secara ideologis atau religius, melainkan sistem pemerintahannya yang menekankan pada persamaan hak. Namun sistem komunis sendiri tidak bisa berjalan dengan mulus di Indonesia, oleh karena itu Soekarno menggabungkan konsep komunis dengan konsep nasionalis. yang menyebabkan kejatuhan soekarno adalah kenikmatan berada di puncak. Ia terlalu menikmati kekuasaanya sebagai presiden, akhirnya ia pun paranoid dan mengambil banyak keputusan gegabah hanya untuk mengamankan posisinya, dapat dilihat dari keluarnya istilah 'Presiden seumur hidup'. Pada akhir jabatanya banyak keputusan yang diambil secara sepihak hanya demi mengamankan posisinya .
    Namun bagaimana juga, menurut saya Ia tetap seorang pemimpin bangsa yang ideal, jasanya harus dilihat melebihi kekurangannya

    BalasHapus
  81. selamat malam mas,
    saya nindya raharjani 2009310043

    menurut saya, selama masa orde lama yang dipimpim oleh Soekarno adalah masa-masa sulit dimana Indonesia memulai untuk membangun suatu bangsa. ada banyak dampak yang terjadi saat itu.. salah satunya adalah terjadinya kontroversi paham-paham komunis yang sangat bertentangan dengan masyarakat, karena itu soekarno pada masa tersebut cenderung bersifat egois dengan menyatakan dirinya presiden seumur hidup. dengan keputusan seperti itu saya sangat tidak setuju karena dampak buruk yang terjadi adalah bentrok antar masyarakat dengan pihak pemerintah.
    terima kasih

    BalasHapus
  82. muhammad juananda kopayona (2009330101)

    saya rasa nasionalisme soekarno memang sangat jelas sekali,apalagi ketika ia tidak ingin aset - aset yang ada di Indonesia diambil alih oleh asing,oleh karena itu dia mengambil alih menasionalisasi perusahaan2 asing yang ada di Inonesia. selain itu upaya soekarno mempertahankan kemerdekaan Indonesia sangat namapak jelas terlihat dengan upaya-upanya untuk tidak menerima bantuan dari asing,karena soekarno takut bantuan asing ujungya menjajah bangsa Indonesia lagi.
    upaya - upaya untuk mempertahankan NKRI juga terlihat dalam upayanya mempertahankan teritorial bangsa Indonesia apalagi dengan malaysia.
    kalau dilihat dari segi pemerintahan yang parlementer itu kurang efektif dikarenakan pergantian - pergantian kebijakan kepemimpinana dan kebijakan yang sangat cepat membuat kebijakan yang telah berjalan dan belum terealisasi harus diganti lagi dengan kebijakan kebijakan yang baru.

    BalasHapus
  83. siang mas.. saya emilia (2009330076) dr kelas H..

    saya mau bertanya secara singkat saja..
    saya masih tidak mengerti dengan pola pikir Soekarno yang pada saat itu sangat dikuasai oleh PKI.. sebnarnya apa yg menyebabkan Soekarno begitu meng-"anak emas"-kan PKI sehingga beliau tega mengenyampingkan hal yang lain dalam politik di negara ini?
    apakah beliau memang mempunyai paham komunis sejak dulu atau bagaimana?

    BalasHapus
  84. Pak selamat siang.
    Menurut saya Gennady R.H.(2009320063).
    sistem demokrasi liberal (parlementer)1945-1949:
    1. Mengambil keputusan dengan voting.
    2. Adanya pembagian kekeuasaan.
    3. Multi partai.
    4. Adanya Mosi tidak percaya maksud nya jika para masyarakat tidak percaya pada para pemimpin masyarakat,masyarakat boleh mengajukan aspirasi-aspirasi nya melalui media massa atau melalui demo-demo.
    5. Sistem pemerintahan ini banyak dianut oleh bangsa-bangsa Eropa seperti Amerika dan Inggris

    sekian argumen dari saya.
    mohon koreksinya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  85. saya inayah (2007330044)

    dlam masa orde lama ini yang dibuthkan bangsa indonesia adalah kekuatan dan pertahan bangsa. karena dalam kenyataannya walaupun negara indonesia sudah merdeka namun sekutu dan belanda masih berusaha untuk masuk kewilayah indonesia dan ingin menggagalkan persatuan bangsa. selain faktor ekstarnal tersebut, dalam internal indonesianya juga mulai muncul dalam gerakan separatis spt di/tii. tetapi keunggulan dalam masa orde lama ini sistem demokrasi terlihat lebih baik dimana pada saat itu cenderung lebih demokrasi dari pada orba. terlihat dari banyaknya partai yang ada, pers dan masyarrakat memiliki haknya untuk berpendapat dan tidak adanyya paksaan terlihat dari adanya mosi tidak percaya yang bisa digunakan oleh masyarakat apabila pemerintah kurang bagus dalam mnjalankan tugasnya akibatnya pemerintahannya cenderung kurang stabil terlihat dari banyaknya kabinet yang cepat lengser dan hanya mampu bertahan kurang lebih 1 tahun saja..

    BalasHapus
  86. Angga Setiawan (2009330205)

    tidak dapat dipungkiri bahwa Ir. Soekarno merupakan tokoh bangsa yang sangat nasionalis dan juga pemimpin sejati bangsa indonesia tetapi pada masa pemerintahannya menurut saya adalah masa terberat sebagai pemimpin dari suatu negara yang baru saja lahir dan merdeka. wajar saja kalau pemerintahannya banyak berganti sistem tetapi demokrasi pada waktu itu cukup baik dibandingkan pada jaman orde baru. dan menurut saya keputsan-keputusan yang diambil soekarno cukup berandil besar pada jaman itu meskipun mengenai PKI, yang menurut rakyat kita sendiri bukanlah identitas bangsa saya merasa PKI adalah sesuatu yang agak demokratis karena menjadi komunis merupakan suatu pilihan hidup seseorang dalam beragama tetapi hanya masalah cara dari PKI itu sendiri yang menimbulkan kontroversi. mengenai presiden seumur hidup menurut saya tekanan dari dalam dan luar negara atau pemerintahanlah yang menyebabkan langjah gegabah itu diambil oleh soekarno.

    terima kasih

    BalasHapus
  87. andre kurniawan
    2009330169

    pertamanya saya mengira mata kuliah politik indonesia sangat membosankan. tapi setelah diikuti dan membahas banyak tentang sejarah indonesia, saya merubah persepsi saya tentang mata kuliah politik indonesia. ternyata mata kuliah ini sangat menarik karena membahas tentang sejarah indonesia.
    langsung saja mas,saya ingin berkomentar. bila mendengar tentang pemerintahan ir soekarno, saya langsung teringat dengan penyelewengan2 yang terjadi pada saat pemerintahan orde lama. salah satunya, ia menetapkan dirinya sebagai presiden seumur hidup, dan juga selalu melindungi PKI bahkan sampai di akhir masa pemerintahannya, seperti yang dilakukan dalam pidato pertanggungjawaban yang ia lakukan, seperti yang ia katakan dalam pidatonya "Jas Merah" (Jangan sekali-kali melupakan sejarah)
    dalam pidatonya itu, ia sama sekali tidak menyinggung nama PKI yang telah melakukan kudeta dan gerakan separatis terhadap indonesia.
    pada masa awal kemerdekaan, pemerintahan soekarno saya akui memang bagus. ia dapat memerintah negara indonesia dengan baik, dan ia juga satu2nya orang yang berani menerapkan konsep NASAKOM padahal, antara dan komunis dan agama sangatlah bertentangan.
    pada masa awal pemerintahannya, soekarno juga dapat menumpas agresi militer yang dilakukan oleh belanda karena soekarno memiliki kharisma yang kuat untuk menyatukan bangsa indonesia untuk menumpas agresi militer tersebut. bahkan, PKI pun turut bekerja sama dengan masyarakat untuk menumpas agresi tersebut.
    namun sangat disayangkan, keberhasilan pemerintahan sukarno tidak dapat berlangsung sampai akhir.

    BalasHapus
  88. Martua andreas simanjuntak
    2009320162

    maaf pak,baru pos komentar..
    pada masa soekarno,undang-undang dasar 1950 menetapkan berlakunya sistem parlementer dimana presiden dan mentei-menterinya memppunyai tanggungjawab politik.koalis pada saat ini tidak segan-segan menarik dukungan atau keluar dari koalisi sewaktu-waktu.oleh karena itu,saat itu terjadi pergantian kabinet berulang kali.Di lain pihak,partai-partai oposisi tidak bisa berperan sebagai oposisi yang konstruktif yang menyusun program-program yang membangun tetapi memperlihatkan sikap-sikap yang negatif dari tugas oposisi.
    pada masa demokrasi terpimpin juga terjadi penyelewengan terhadap ketentuan2 Undang-Undang Dasar.misalnya presiden membubarkan DPR hasil pemilu.Padahal dalam UUD 1945 presiden tidak mempunyai kekusaan untuk membubarkan DPR.
    NAmun banyak sikap yang dapat dipelajari dari Soekarno pada saat itu dimana jiwa nasionalis nya yang tinggi dan memiliki kharisma yang kuat yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku ras dan agama.

    BalasHapus
  89. saya Renaldhi H.R (2009320056)
    Kali ini saya ingin bertanya, apakah pada saat kepemimpinan Soekarno (Orde Lama) sudah terjadi korupsi ?
    Lalu dalam masa kepemimpinan Soekarno, mengapa sering terjadi pergantian anggota kabinet ?
    Saat masa Orde Lama dikenal dengan kejadian G30S.. saya ingin tau bagaimana perkembangannya sekarang ? bagaimana pemerintah menyikapi bilamana masih ada beberapa anggota keluarga mereka yang termasuk PKI ? apa tindakan pemerintah untuk memberantas anggota PKI yang masih ada sampai saat ini ? terimakasih mas.

    BalasHapus
  90. 2006330140

    Malam mas,saya ingin bertanya,apakah pemerintahan rezim orde lama era Soekarno memang banyak dipengaruhi oleh sistem politik komunisme China dan Uni Soviet?mengapa?

    BalasHapus
  91. Saya Marya Sutimi (2007330105).
    Menanggapi komentar Andri diatas,
    Bagaimana dengan statement "Go to hell with your aid, America!" yang diucapkan oleh Soekarno pada masa pemerintahannya?
    Apakah itu membuktikan bahwa Indonesia pada masa tersebut walaupun tergabung dalam gerakan non-blok tapi lebih condong ke dalam sistem politik komunisme China dan Uni Sovyet?

    BalasHapus
  92. Saya Uun Sutini (2009320067)
    Saya ingin mengomentari mengenai Indonesia yang pernah menganut sistem federal. Menurut saya, sistem ini akan berjalan dengan lancar jika dilaksanakan dengan baik karena posisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Terima kasih.

    BalasHapus
  93. Raisha Fitri Yolanda
    2009320167

    Maaf pak, pada perkuliahan ke empat ini kan membahas tentang fenomena politik yang terjadi pada masa pemerintahan Soekarno. Pada saat itu kan terjadi G30S PKI yang menyebabkan pecah nya keadaan di Indonesia yang menjadi kacau balau. Saya masih kurang jelas apakah ini murni akibat G30S PKI apakah ada motif lain selain kejadian ini?

    Sekian, Terimakasih

    BalasHapus
  94. sartika nur rachmawati (2009330026)

    menurut saya, kesalahan kepemimpinan Soekarno adalah ia terlalu condong dan dekat ke arah komunis. padahal, Indonesia adalah negara yg beragama.
    dan juga gaya pemerintahannya yg cenderung otoriter membuat terjadinya pemberontakkan di berbagai daerah. hal tsb dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional dan juga mengganggu persatuan RI.
    terimakasih.

    BalasHapus
  95. malam, nama saya anggayasti (2009330224) saya ingin menyatakan pendapat saya mengenai tulisan pada pertemuan ke 4 ini. menurut saya pribadi, pemerintahan yang berdasarkan sistem parlementer ini bukanlah merupakan kesalahan sistem, namun lagi-lagi,aktor politis yang belum siap untuk mengatur sebuah bangsa yang bersifat pluralitas. adanya pihak oposisi yang nyatanya hanya bertindak untuk menuruti ego masing-masing juga merupakan sikap yang mengakibatkan jatuh bangunnya kabinet. apalagi dengan adanya kasus G30SPKI yang semakin membuat bangsa belingsatan akibat penanaman keyakinan yang tidak sesuai dengan pandangan masyarakat saat itu. hal ini jelas bukan masa terbaik negara Indonesia saat itu, namun yang jelas mereka masih memiliki sosok presiden yang dihormati dan menjadi kepercayaan rakyat sehingga apa yang terjadi pada masa pemerintahan tidak terlalu kentara dengan adanya kurangnya protes2 dari warga.
    hanya sekian pendapat dari saya, terimakasi atas perhatian pak kristian. malam.

    BalasHapus
  96. Lammie Ramadhia (2006330093)

    menurut saya, pada masa pemerintahan Orde lama ini banyak hal yang terjadi. dan menurut saya cukup perlu untuk dijadikan sebagai pelajaran.
    karena pada masa ini, saya merasa kegiatan politik masih terlihat amat berantakan. dimana masih ada perlawanan antar partai, persaingan antar partai yang bisa dikatakan carut marut, pergantian kabinet dalam waktu yang sangat cepat.
    hal ini mungkin dapat sedikit dimaklumi, karena kita baru saja lepas dari masa penjajahan, masih membutuhkan banyak hal untuk disesuaikan dan dibenahi.
    yang pasti adalah, pada saat itu kondisi negara kita bisa dikatakan masih mengalami shock, karena berhasil menjadi negara merdeka.
    Soekarno pastinya ingin melakukan yang terbaik bagi bangsa yang baru merdeka ini, karena itulah dia sempat beberapa kali mengganti kabinet.
    namun Soekarno belum dipenuhi oleh kemampuan mengelola sebuah negara dengan baik, butuh proses yang lebih panjang untuk belajar mendirikan sebuah negara yang baik.
    intinya adalah pada masa itu masih dipenuhi oleh ketidakstabilan, baik segi individu maupun sumber daya alam.

    BalasHapus
  97. malem mas, saya jessica chandra (2009330006)

    mas saya ingin memberi komentar mengenai konstalasi orde lama. mas, sejujurnya saya kurang banyak tahu mengenai konstilasi yang terjadi pada saat orde lama. hanya saya cuma bisa memberi opini, saya ingin tahu banyak, dan saya yakin mas bisa memberikan pembelajaran yang tepat dan sesuai bagi kami.


    begini, konstilasi orde lama menurut saya cukup rumit dengan segala kejadian masa lampau yang semakin banyak tidak dan sulit terungkap kebenarannya. tapi disis lain masa itu adalah mas dimana perjuangan Indonesia dari penjajahan dan disisi lain banyak juga sisi negatif yang terjadi. setiap sistem pemerintahan memiliki kelebihan dan kelemahan.

    hal yang terjadi dimasa lampau menjadi pembelajaran kita semua bagi perkembangan Indonesia sekarang dan di masa yang akan datang, belajar dari segi positif dan negatif. analisis mengenai hal ini juga bisa memajukan mangembangkan pemikiran dan pengetahuan kita mengenai sistem pemerintahan Indonesia, terutaa konstilasi pada orde lama....

    ok,,, skeian opini saya, maaf kalo banyak yang nga nyambung atau nga jelas mas,,, terima kasih sebalumnya....^ ^

    BalasHapus
  98. soraya ammilia 2009320151

    mas, sampai sekarang saya masih kurang paham mengapa pada zaman pemerintahan Soekarno, PKI sangat diagungkan atau dianak emaskan? apa benar Soekarno menganut sistem komunis?

    terima kasih..

    BalasHapus
  99. Alvin Rahmawan (2009330039) Kelas E

    Mas, saya ingin bertanya mengapa pada era demokrasi parlementer kabinet-kabinet itu tidak berumur panjang? Apa yang menyebabkan kebinet-kabinet itu dapat dijatuhkan dengan mudah?
    Sekian pertanyaan saya.... Terimakasih.

    BalasHapus
  100. Erli Dwi Ratnasari 2009310062

    Pada zaman ini banyak terjadi konflik, beberapa diantarantya adalah pembubaran masyumi sebagai partai yang memberontak kepada pemerintah dan pembubaran PKI karena adanya Titura
    serta Golkar sebagai salah bukan partai yang ikut dalam pemilu, yang namun pada akhirnya Golkar masih tetap eksis pada masanya dikarenakan kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi, ini terjadi karena adanya suatu kekuasaaan otoriter oleh soeharto.

    Pada dasarnya soeharto ingin membuat rakyat indonesia benar2 merdeka, tapi mungkin dengan cara yang menurut beliau benar. toh di zaman skarang ada dampak positif yang bisa kita ambil dari zaman pemerintahannya.

    BalasHapus
  101. Febe Kemala Rani (2009330126)
    Bagi saya, pemerintahan Soekarno adalah masa politik yang paling dinamis. Sosok seorang Soekarno amat penting pada saat itu. Ia mampu membuat negara tunduk padanya meskipun dia juga pernah menyimpang saat demokrasi terpimpin.

    Pada demokrasi parlementer, Soekarno sepertinya lebih terpengaruh dengan budaya barat, yaitu liberalisme. Ketika ia melihat kondisi politik yang malah memburuk ia langsung menerapkan demorasi terpimpin, dimana ia lebih condong ke arah kiri (otoriter)

    Pada dasarnya, ia hanya ingin membuat Indonesia maju dengan cara yang ia anggap paling benar. Masalahnya, apa yang ia pikirkan belum tentu tepat.

    BalasHapus
  102. Rosida Esther Marchelina Sitompul
    (2009310032)

    Saya sangat menyesalkan, kenapa Indonesia harus dijajah Belanda hampir 3,5 abad, karena seperti yang kita ketahui Belanda menjajah Indonesia bukan untuk membuat Indonesia maju, melainkan lebih banyak membodoh-bodohi saja. Kalau waktu bisa di ulang saya lebih baik di jajah Inggris, karena Inggris membuat negara jajahannya berkembang dan maju pesat, seperti Singapore, walaupun terbilang negara kecil, tetapi dalam segi pendapatan negara Singapore lebih tinggi dibanding Indonesia, dan sumber daya manusianya lebih baik dibanding Indonesia .

    Terima kasih

    BalasHapus
  103. R. Nadia Aryani Karissa 2009330159

    Soekarno adalah seorang pemimpi hebat. Ia memiliki karakter yang kuat, tegas, berani, bertanggung jawab, empati pada rakyat, konsisten. Selain itu wawasannya sangat luas, ditambah lagi kemampuannya berkomunikasi dalam bahasa asing patut diacungi jempol. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Soekarno di segani oleh pemimpin negara-negara lain.
    Seharusnya dengan pemimpin seperti Soekarno membuat kemajuan pesat bagi Indonesia yang pada saat itu baru saja merdeka dari jajahan. Akan tetapi kemajuan yang ia ciptakan tidak selalu berjalan dengan lancar. Sehingga ia seringkali "bongkar pasang" kabinet. tetapi saya yakin bahwa yang ia lakukan adalah demi kebaikan negara Indonesia. berbagai isu pun kerap menerpa eksistensi Soekarno selama masa jabatannya. dan yang paling menarik adalah pemberian SUPERSEMAR kepada Soeharto yang kemudian malah disalah gunakan (tidak sesuai dengan perintah Soekarno yang tercantum dalam SUPERSEMAR). Menurut saya itulah awal bermulanya era kejatuhan bagi Soekarno. Banyak kejadian yang terjadi setelah keluarnya SUPERSEMAR yang semakin memojokkan Soekarno. Amat disayangkan orang sehebat Soekarno dijatuhkan dengan politik yang begitu kotor.

    BalasHapus
  104. juditya siswanto(2009320021)
    Penjajahan terhadap Indonesia tidak seharusnya terjadi, karena seharusnya negara yang dijajah adalah negara yang lemah, dan tidak memiliki apa2, namun Indonesia yang memiliki sumber kekayaan alam yang begitu melimpah justru dijajah oleh negara lain yang tidak memiliki hal itu, seharusnya indonesia setela dijajah harus menjadi negara yang lebih kuat, tetapi justru indonesia semakin terpuruk oleh keadaan yang ada.
    Maka dari itu dengan kejadian hal ini seharusnya kita semua menjadi lenih sadar dalam mempertahan kemerdekaan Republik Indonesia

    BalasHapus
  105. Arlin Gunawan 2009320010/J

    Mas, saya ingin bertanya apa maksudnya presiden bertindak sebagai rubber stamp ?

    Terima Kasih...

    BalasHapus
  106. 2009330037
    menurut saya pemerintahan pada masa soekarno yang lebih condong ke arah liberisme yang dipegang negara-negara blok barat yang jelas tidak cocok diterpkan di negara Indonesia yg saat itu baru merdeka.kemungkinan akan terjajah kembali sangat besar jika tidak memiliki pemerintahan yg kokoh

    BalasHapus
  107. shita ratnasari-2009330012

    menurut saya pada masa orde lama, yang menganut demokrasi terpimpin tidak dapat dikatanakan demokrasi karena dari ciri-ciri yang dipaparkan menurut buku yang saya baca, pada jaman ini pemerintahan lebih mengacu kepada fasisme.

    BalasHapus
  108. Sore mas. .Mungkin pemerintahan Soekarno itu paling mengambil banyak kontroversi. .Ada kalanya dia menjadi sosok yang dikagumi di mata dunia dan banyak orang yang sangat terpukau atas kerjanya.Sampai sampai Indonesia menjadi salah satu negara yang maju dalam era nya,walaupun kemudian Almarhum beliau sempat melakukan politisasi yang menguntungkan sepihak. .Dan dengan adanya upaya untuk mengembalikan kolonialisme Belanda di Indonesia dan akan melunturkan Orla,mungkin itu juga lebih baik toh hasilnya apa yang didapat kita memang lebih bagus daripada apa yang kita buat sendiri. .
    Sekian komen dari saya. .
    Kevin Tjiardy(2009320034)

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  110. Calvin Kelvianto (2009320110)

    komentar saya yang kemarin tidak masuk pak di pembahasan ini.. saya masih kurang mengerti dengan arti kata eskalasi dan konstelasi.. apa keduanya sama? saya juga ingin menanyakan tentang pergantian presiden dari Soekarno ke Soeharto.. apakah benar ada permainan politik yang dilakukan oleh Soeharto sendiri? pastinya masyarakat pada waktu itu sampai sekarang akan menyesali pergantian ini karena banyaknya korupsi yang dilakukan oleh Soeharto hingga melonjaknya utang negara meskipun ada dampak positifnya juga.. trima kasih pak

    BalasHapus
  111. Pagi mas saya
    I Gusti Agung Bagus
    2009330069

    menurut saya soekarno adalah sosok pemimpin yang hebat. beliau memiliki kharisma yang luar biasa, tekad baja, semangat pantang menyerah, dan pendirian yang sangat kuat. hal-hal itulah yang menjadikan indonesia sangat dihormati oleh negara-negara lain, selain itu indonesia juga dapat bertahan dan berkembang menjadi negara yang utuh setelah peristiwa proklamasi. sebenarnya hal-hal tadi tercapai hanya karena peran soekarno semata namun tidak lepas dari peranan para kabinet bentukan soekarno. namun karena kharisma soekarno tadilah beliau dapat memimpin rakyat dan membawa indonesia keluar dari belenggu penjajahan. terlepas dari berbagai hal tadi, soekarno juga sering diterpa gosip-gosip yang tidak enak, hal-hal inilah yang akhirnya membuat eksistensi soekarno akhirnya menurun. puncak dari berbagai peristiwa di indonesia seperti pemberontakan dan gerakan G30spki adalah keluarnya SUPERSEMAR ayng akhirnya disalahgunakan oleh soeharto untuk menjadikan dia presiden dan menjatuhkan Soekarno. sangat disayangkan aktor sebesar soekarno harus kehilangan kepercayaan rakyat karena konspirasi-konpirasi yang dilakukan oleh orang-orang kepercayaanya sendiri.
    sekian pendapat saya, terima kasih mas

    BalasHapus
  112. saya fanny chintya chandra (2009320043)

    menurut saya Soekarno adaLah pemimpin Indonesia yang memiliki karisma yang sangat Luar biasa pengaruhnya...
    namun Soekarno beLum bisa membuat perekonomian Indonesia berkembang dengan baik...

    BalasHapus
  113. saya Reynard Tjahja Wiguna (2009320111)

    manurut saya peranan Soekarno pada masa pemerintahannya sudah cukup baik tetapi cara pemerintahannya yang terlalu konservatif dan terlalu diktatorial yang membuatnya harus lengser dari kursi kepresidenannya.

    sebenarnya Soekarno memiliki ide ide cemerllang untuk memajukan bangsa, tetapi soekarno lebih mementingkan gengsi kebangsaan daripada kemajuan ekonomi bangsa indonesia.
    pada masa pemerintaha soekarno indonesia berhasil melakukan berbagai even besar seperti konferensi asia afrika dan juga indonesia berhasil membangun suatu stadion megah yaitu stadion GBK pada saat itu.
    jelaslah terlihat bahwa soekarno lebih mementingkan gengsi kebangsaan daripada ekonomi.

    selain itu karena keterlibatannya dalam pki yang membuatnya harus dighantikan oleh soeharto.

    tetapi menurut pendapat saya, soekarno merupakan suatu sosok yang dapat dijadikan panutan dengan semangatnya yang tinggi dan juga karismanya sebagai seorang pemimpin yang berwibawa.

    terima kasih..

    BalasHapus